Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Simulasi Kredit Motor

Posted on

Dewasa ini motor merupakan kendaraan pribadi yang sangat populer digunakan oleh masyarakat karena harganya yang relatif murah serta sesuai dengan kondisi jalan pada saat ini yang sering macet. Apalagi pada saat ini juga untuk memiliki motor menjadi lebih mudah dengan menggunakan fasilitas kredit yang banyak ditawarkan oleh leasing. Memang pembelian motor secara kredit ini sudah merupakan hal umum yang dilakukan di masyarakat karena banyak sekali lembaga leasing dengan berbagai penawaran yang menarik tumbuh dimana-mana. Jika anda ingin membeli motor dengan cara kredit, maka anda harus mengetahui hal-hal yang harus anda perhatikan. Nah, untuk itu dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan simulasi kredit motor sebagai berikut :

  1. Pengambilan BPKB

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor ini akan anda miliki setelah melunasi cicilan kredit motor. Dalam hal ini angsuran yang terakhir tidak bisa lagi dibayarkan melalui jasa pembayaran seperti transfer ke Bank atau lewat kantor pos. Namun anda harus datang langsung ke tempat pengambilan BPKB. Pada saat anda akan membayar angsuran terakhir tersebut, pastikan bahwa BPKB diserahkan ke tangan anda.

  1. Denda

Dalam hal ini pastikan anda sudah mengetahui besaran denda keterlambatan pembayaran cicilan yang tentunya tidak sama antara lembaga pembiayaan yang satu dengan yang lainnya. Jika angsuran berjumlah Rp.1.000.000 per bulan, maka artinya denda keterlambatan yang harus anda bayar adalah Rp.4.000. per hari. Untuk itu besarnya denda angsuran ini harus anda ketahui sejak awal. Biasanya, denda ini tidak ditagih oleh leasing pada bulan berikutnya, namun akan ditagih pada saat pembayaran angsuran yang terakhir. Banyak konsumen yang sering terlambat membayar cicilan tidak sadar memiliki tunggakan dan sangat terkejut dengan besaran denda yang diterimanya pada saat pembayaran angsuran yang terakhir. Selain denda keterlambatan, konsumen yang melunasi kredit motornya dengan lebih cepat juga bisa dikenai penalti. Biasanya biaya penalti ini berkisar 2-5% dari uang total pokok. Untuk itu sebaiknya tanyakan oleh anda soal biaya yang harus anda bayarkan, beserta penaltinya serta denda keterlambatan jika anda akan melunasi kredit motor anda.

  1. Penarikan

Debt collector akan bertindak dengan mendatangi tempat tinggal anda jika terlambat melakukan pembayaran. Perlu dicatat bahwa setiap lembaga pembiayaan ini memiliki toleransi yang berbeda-beda. Debt collector ini biasanya akan mendatangi tempat tinggal anda setelah 4 hari keterlambatan pembayaran. Dan motor anda akan ditarik jika setelah anda tidak membayar angsuran selama 30-90 hari. Akan tetapi sejak tahun 2012 yang lalu, pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Keuangan melarang debt collector untuk melakukan penarikan kendaraan konsumen secara paksa. Namun persoalan ini harus diselesaikan secara hukum dimana pihak lembaga pembiayaan tersebut bisa melaporkan persoalan ini ke pengadilan. Kemudian kasus ini akan dipersidangkan dan pengadilan lah yang berhak mengeluarkan surat penyitaan kendaraan tersebut. Dan kendaraan tersebut akan dilelang dan hasilnya digunakan untuk membayar hutang konsumen, serta sisanya akan dikembalikan kepada konsumen.

  1. Bonus

Pada saat anda akan mengambil BPKB, biasanya dari pihak leasing akan memberikan hadiah sebagai penghargaan kepada anda yang telah menjadi konsumen yang baik dengan melunasi kewajiban anda. Hadiah ini bisa berupa barang elektronik, pengembalian angsuran terakhir, dan lain sebagainya. Untuk itu anda janganlah ragu dan malu untuk menagihnya.

Demikianlah uraian untuk kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *