Agar Kualitas Hidup Anak OI Meningkat

Posted on

generasimaju.com – Anak merupakan anugerah terindah untuk setiap pasangan di seluruh dunia. Memiliki anak yang sehat dan kuat adalah impian setiap orangtua. Namun siapa yang bisa menyangka apabila anak mereka mengalami kelainan genetik sejak lahir. Tentunya semua orangtua tidak ingin mengalaminya. Cobaan yang berat tersebut tentunya harus dilalui dengan sabar dan tabah. Seperti contohnya anak yang menderita osteogenesis imperfecta berikut ini adalah cara agar anak yang mengalami kelainan tersebut bisa hidup lebih kuat.

Tips Merawat anak Penderita OI

  • Jadikan dokter yang tepat sebagai partner dalam menangani penderita OI. Penanganan yang salah berisiko, bukan saja pada tumbuh kembang tapi juga nyawa si penderita.
  • Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, dokter akan memberikan beberapa terapi, di antaranya pemberian obatobatan. Obat-obatan zolendronat untuk memperbaiki massa tulang anak sehingga bisa meningkatkan kepadatan mineral tulangnya. Terapi ini dilakukan dengan infus empat bulan sekali sampai usia remaja. Dosisnya disesuaikan dengan Berat Badan. Idealnya, terapi ini dilakukan sebelum anak memasuki usia pubertas, karena 40—50% total pembentukan tulang terjadi pada masa pubertas. Untuk memperbaiki struktur tulang dan gerak otot agar lebih kuat dan tidak lemah bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan golongan biphosphonat seperti Pamidronate.
  • Untuk dapat membantu mobilitas, penderita OI dapat menggunakan alat bantu seperti kursi roda atau tongkat untuk berjalan. Jika diperlukan, untuk membantu mendukung tulangnya bisa diberikan braces untuk kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pergelangan tangan.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa dilakukan. Kandungan vitamin D pada sinar matahari pagi dapat memperkuat tulang.
  • Penderita OI dapat melakukan olahraga yang aman seperti berenang agar tulang semakin kuat.
  • Pada anak-anak yang lebih besar (mobilitas sudah lebih tinggi), ajarkan cara melindungi diri dan melakukan gerakan berpindah yang aman.
  • Ciptakan gaya hidup sehat. Makanan bergizi seimbang perlu dijalani agar berat bada penderita OI tetap terjaga. Bobot tubuh yang berlebih akan membuat beban tulang bertambah.
  • Fisioterapi, perawatan gigi atau kawat gigi, dan konseling psikologis, bisa diberikan jika memang diperlukan.

Kesehatan adalah hal yang sangat berharga dan terpenting dalam hidup ini. Maka dari itulah mulailah dari sekarang jaga kesehatan semua keluarga dengan pola hidup dan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *