Harga Bibit Sawo Mentega Paling Murah Area Kediri

Posted on

Kami selaku supplier bibit sawo mentega menawarkan kepada Anda harga bibit sawo mentega yang murah dan terjamin.

Budidaya bibit pohon sawo mentega

Tahap pemilihan bibit sawo dan persiapan lahan

Pohon sawo mentega ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian rata – rata 900 mdpl. Pohon sawo mentega ini juga memerlukan daerah yang memiliki volume curah hujan yang cukup yakni sekitar 1.250 mm hingga 2.500 mm per tahunnya. Pastikan juga tempat yang akan dijadikan sebagai lahan budidaya pohon sawo mentega ini tidak terlalu panas. Siapkan juga bibit pohon sawo mentega dengan kualitas terbaik juga. Biasanya bibit sawo mentega ini didapatkan dari hasil cangkokan.

Bersihkan juga lahan yang akan digunakan untuk budidaya pohon sawo mentega ini dari gulma – gulma ataupun semak – semak yang tumbuh secara liar. Agar nantinya gulma atau semak ini tidak mencuri nutrisi yang harusnya didapatkan oleh bibit pohon sawo mentega. Jika lahan sudah siap maka tinggal menyiapkan hal yang selanjutnya.

Tahap pembuatan lubang tanam dan jarak tanam bibit pohon sawo mentega

Untuk ukuran lubang tanam yang ideal untuk pohon sawo mentega ini adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm untuk jenis tanah yang gembur dan 100 cm x 100 cm x 100 cm untuk jenis tanah yang tidak gembur. Tanah galian dari pembuatan lubang tanam ini sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Nantinya tanah galian ini campurkan dengan pupuk organik (pupuk kompos) untuk dijadikan sebagai tanah timbun. Untuk jarak tanam bibit pohon sawo mentega ini rata – rata memiliki ukuran 10 m x 10 m untuk permukaan tanah yang datar dan 7 m x 8 m untuk permukaan tanah yang miring. Lubang tanam yang sudah dibuat tadi tuangkan pupuk kandang dengan dosis yang cukup dan biarkan selama 2 minggu. Bila sudah 2 minggu maka langkah selanjutnya tinggal penanaman bibit.

Tahap penanaman bibit pohon sawo mentega

Setelah lubang tanam sudah siap maka tinggal proses penanaman bibit saja. Tanam bibit pohon sawo mentega tepat di tengah – tengah lubang tanam. Lalu timbun menggunakan tanah timbun yang sudah kita buah sebelumnya. Padatkan tanah timbun tersebut agar bibit pohon sawo nantinya tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman air pada bibit pohon sawo mentega yang baru ditanam secara secukupnya.

Selain harga bibit sawo mentega kami yang murah , kami juga berani menjamin kualitas bibit kami terbaik diantara yang lainnya.

Berikutnya adalah sawo mentega yang merupakan jenis sawo yang asalnya dari Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan. Namun karena banyaknya manfaat dari sawo mentega ini sekarang sudah menyebar ke hampir seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pohon sawo mentega ini memiliki ketinggian mencapai 30 m, namun pada kenyataannya hanya bisa mencapai 20 m. Kayu batangnya berwarna kelabu tua, bertekstur lembut, dan mengeluarkan getah apabila dilukai. Daun dari pohon sawo mentega ini memiliki bentuk bulat memanjang, memiliki tangkai yang panjangnya 5 – 25 cm, dan berwarna hijau mengkilap. Buah sawo mentega ini berbentuk bulat dengan ujung yang berparuh, berukuran 7,5 cm – 12,5 cm x 2 cm – 7,5 cm, dan berwarna kuning jika sudah matang. Daging buah nya berwarna kuning dan memiliki rasa yang manis serta aroma yang harum. Biji buahnya berwarna coklat mengkilat, bentuknya bulat, dan panjang nya sampai 5 cm.

Buah sawo mentega ini banyak dimanfaatkan sebagai buah segar (langsung makan)  karena daging buahnya yang menggoda yang memiliki tekstur lembut seperti ubi. Buah sawo mentega ini sangat bergizi sehingga kerap dicampurkan ke adonan kue, puding, bahkan selai. Kayu pohon sawo mentega yang berkualitas tinggi ini dimanfaatkan untuk pembuatan sebuah papan ataupun balok.

Anda tertarik dengan penawaran harga bibit sawo mentega kami ? Buruan memesan nya di website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *