3 Khasiat dari Madu Manuka bagi Manusia

3 Khasiat dari Madu Manuka bagi Manusia

Posted on

Madu manuka merupakan madu yang berasal dari lebah yang diperoleh dari sari makanan bunga manuka. Bunga manuka hanya bisa ditemukan di New Zealand dan Selandia Baru. Maka, madu manuka ini sering disebut madu yang berasal dari Selandia Baru.

 

Nah, madu manuka di dalamnya mengandung manfaat yang banyak dibanding madu biasa karena manuka ini mempunyai komponen ekstra yang bisa membantu kesehatan.

3 Khasiat dari Madu Manuka bagi Manusia

Dalam madu lain, khasiat madu manuka ialah tidak mudah rusak apabila terkena panas, cahaya, dan lainnya. Khasiat inilah yang dinaman dengan UMF atau unique manuka factor. Semakin tinggi UMF di dalam madu manuka yang dimiliki, maka kegunaannya pun lebih tinggi. Berikut di bawah adalah beberapa manfaat dari madu manuka:

 

 

  • Meningkatkan kesuburan

 

Kenyataannya memang belum memiliki penelitian yang lebih lanjut untuk mengenai hal ini, tetapi dalam madu manuka yang dianggap mempunyai kemurnian serta khasiat yang luar biasa karena bisa menambah daya tahan tubuh dan bisa memperbaiki kualitas sel sperma.

 

 

  • Merawat kulit

 

Semua orang sudah mengetahui bahwa madu mempunyai manfaat bagi kulit, dengan madu manuka karena mempunyai komponen aktif serta sangat mampu merawat kulit wajah Anda apalagi yang berjerawat. Komponen yang aktif dalam madu manuka ampuh dalam mematikan bakteri pada jerawat.

 

 

  • Sebagai probiotik

 

Dalam penelitian, manfaat madu manuka tidak hanya berfungsi untuk mematikan jaringan bakteri jahat tetapi bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik yang di dalam usus. Karena, hal ini membuktikan bahwa madu bisa meningkatkan guna kesehatan dalam pencernaan dan juga mendobrak sistem imun tubuh menjadi meningkat.

 

 

  • Melawan Infeksi

 

Bakteri atau kuman yang sudah kebal terhadap antibiotik makin merebak di berbagai negara. Seorang ilmuwan telah menemukan cara untuk membasminya dengan madu manuka. Madu dari lebah yang sedang mencari makan pada pohon manuka di Selandia Baru.

 

Bakteri super sudah menjadi risiko baru karena hingga saar ini belum menemukan obat yang bisa melawannya. Superbug diduga muncul dari pemberian antibiotik dengan dosis berlebih dan tidak dapat dikendalikan dalam dunia medis untuk saat ini.

 

Dikarenakan belum ada obat yang mampu melawan bakteri ini, maka orang yang mengalami superbug nyawanya akan terancam.

Dikarenakan belum menemui obat penawarnya, maka bisa dengan menggunakan madu manuka karena mengandung bahan yang melindungi bakteri dari antibiotik paling kuat

 

Apabila madu manuka bisa mencegah terjadinya bakteri masuk ke jaringan maka hal tersebut membuat biofilm menjadi terhalang, maksudnya lapisan untuk melindungi bakteri dari antibiotik serta memungkinkan terjadinya infeksi terus menerus.

 

Dalam hasil terakhir yang didapatkan laboratorium menyatakan bahwa madu manuka bisa menjadi MRSA lebih sensitif terhadap paparan antibiotik seperti contoh oxacillin, hal tersebut dinyatakan telah efektif membalikkan resistensi pada antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *