Haruskah kita menghentikan gula untuk diet sehat?

Posted on

Haruskah kita menghentikan gula untuk diet sehat?

Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan, gula dapat menjadi penyebab kesulitan Anda. Mereka bersembunyi di mana-mana, dan mengkonsumsi terlalu banyak, mereka pasti menambah berat badan. Tetapi ada solusi untuk menghentikan gula dan menemukan garis dalam beberapa minggu.

menghentikan gula untuk diet sehat

Berbagai jenis gula
Ketika kita berpikir tentang gula, kita cenderung membayangkan potongan gula putih atau merah. Namun, ada beberapa varietas yang ditemukan di berbagai makanan alami atau olahan, dengan indeks glikemik bervariasi (GI). Indeks glikemik ini membantu menentukan tingkat pelepasan insulin dan apakah Anda berurusan dengan gula lambat atau cepat. GI lebih besar dari 60 menyebabkan pelepasan insulin yang kuat dan menentukan gula cepat sementara GI di bawah 40 menunjukkan gula yang lambat dan kompleks.

Ada beberapa jenis gula: sukrosa (gula meja), glukosa, fruktosa, laktosa, galaktosa, maltosa atau pati. Kami menemukan semua gula ini dalam makanan yang agak jelas seperti kembang gula, es krim, kue, selai, atau kue kering. Makanan lain, bagaimanapun, termasuk roti, susu dan produk susu, dan biji-bijian dan kacang polong.

Apa gunanya gula dalam tubuh?
Selama pencernaan, karbohidrat yang ada dalam makanan diubah menjadi glukosa dan masuk ke aliran darah. Konsentrasi normal glukosa adalah sekitar 1 g / L darah dan tetap lebih atau kurang stabil pada siang hari berkat aksi dua hormon: insulin dan glukagon.

Ini adalah pankreas yang melepaskan hormon-hormon ini sesuai dengan kebutuhan tubuh. Setelah makan, insulin memungkinkan glukosa untuk memasuki sel secara langsung. Dengan demikian, ia memberikan dosis energi yang diperlukan untuk fungsi tubuh. Surplus disimpan di hati dan di otot. Jika tubuh mendeteksi risiko hipoglikemia setelah periode puasa, pankreas akan melepaskan glukagon. Hormon ini akan memungkinkan glukosa keluar dari hati untuk memberi makan organ lain.

Apakah menghentikan gula membuat Anda menurunkan berat badan?
Menghentikan gula sepenuhnya hampir mustahil dan sama sekali tidak disarankan, karena tubuh membutuhkan karbohidrat agar berfungsi. Tapi ada baiknya untuk meninjau diet Anda untuk mengurangi jumlah gula yang dicerna setiap hari. WHO merekomendasikan membatasi konsumsi hingga sekitar 25 gram per hari, yaitu sekitar 6 sendok teh (1).

Gula dapat membuat Anda gemuk dalam situasi tertentu. Karena glukosa disimpan sampai dilepaskan untuk memberikan tubuh dengan energi, itu meningkat jika aktivitas fisik tidak sesuai dengan jumlah makanan yang Anda makan. Dengan mengurangi gula dan terlibat dalam aktivitas fisik yang lebih intens, itu menjadi cukup mudah untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengonsumsi lebih sedikit gula untuk diet sehat?
Menghentikan gula bisa sangat sulit karena memiliki kekuatan adiktif jauh lebih tinggi daripada lemak. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa preferensi manusia untuk gula mulai dari tahap kehamilan. Tetapi daripada secara drastis mengurangi konsumsinya, lebih baik untuk beralih ke gula alami dan melarang produk olahan.

Untuk menurunkan berat badan dengan cara diet sehat, lebih baik menghentikan konsumsi kue kering, kue, dan biskuit industri. Jika Anda mengonsumsi banyak roti putih, kurangi jumlahnya atau bahkan menggantinya dengan roti gandum utuh. Hindari semua hidangan industri dan masak makanan Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat pergi tanpa kue, lakukan sendiri dan lebih memilih penggunaan gula alami daripada gula putih.

Sumber dan referensi

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3202923/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *