Tips Merawat Karpet Masjid

Posted on

Karpet masjid sudah tersedia di berbagai daerah seperti halnya di lapak jual karpet masjid Jakarta, Bekasi, Surabaya, dan kota besar lainnya. Namun ternyata tidak banyak toko dan semacamnya yang membuka jasa perawatan karpet masjid karena memang beberapa alasan. Padahal sebenarnya perawatan karpet masjid juga penting untuk menjaga keawetan dan kebersihan masjid itu sendiri.

Tips Merawat Karpet Masjid

Masjid yang lantainya dipasang  karpet memang terlihat indah dan rapi. Namun tidak selamanya demikian sebab, karpet yang terpasang terus menerus akan mengalami perubahan seperti bau, berdebu, dan sebagainya. Oleh sebab itu, karpet masjid juga perlu perawatan agar tetap bersih, indah, dan terjaga.

Tips Merawat Karpet Masjid yang Baik dan Benar

Untuk perawatan karpet ini Anda bisa mencari jasa tersebut di beberapa perusahaan atau toko yang jual karpet masjid jakarta dan sekitarnya. Jika memang Anda sulit menemukan jasa perawatan karpet masjid, sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri secara hati-hati. Ada beberapa tips cara merawat karpet masjid, diantaranya adalah:

Mengubah posisi karpet sesering mungkin, dimana ini bisa dilakukan minimal 3 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar bagian karpet yang sering terinjak kaki tidak akan mudah pudar warnanya karena bisa bergantian posisi. Perawatan ini cukup efektif dan mudah, sehingga bisa Anda lakukan sendiri dengan bantuan beberapa orang.

Gunakan sapu lidi untuk menghilangkan bulu atau rambut yang menempel pada karpet. Sering kali karpet masjid terdapat kotoran berupa bulu-bulu kecil dan rontokan rambut. Hal itu menjadikan kenyamanan dalam beribadah menjadi berkurang, terlebih saat sholat dan bersujud. Masalah demikian harus segera diatasi dengan cara menyapunya.

Sebaikna Anda gunakan sapu lidi yang bersih dan suci untuk membersihkan bulu atau rambut yang menempel pada karpet. Alangkah baiknya hal itu dilakukan secara rutin agar bulu atau rambut yang menempel tidak menumpuk dan menjadi sulit untuk dibersihkan. Jadi, bisa dilakukan sehari sekali untuk perawatan ini karena memang cukup ringan pengerjaannya.

Jemur karpet masjid secara rutin, misal seminggu sekali terlebih lagi jika karpet masjid sudah mengeluarkan bau tidak sedap. Itu tandanya sudah banyak kotoran ataupun debu yang masuk dalam karpet karena lama tidak dibersihkan maupun dijemur. Jadi, sebaiknya lakukan penjemuran pada karpet secara rutin.

Saat penjemuran sebaiknya juga dipukul-pukul dengan benda tertentu agar debu dan kotoran lainnya bisa keluar, jadi bisa meminimalisir debu yang ada dalam karpet. Selain itu juga jemur di tempat yang bersih dan pastikan terkena sinar matahari langsung. Dengan demikian, karpet masjid akan menjadi nyaman lagi saat digunakan.

Jangan menginjak karpet masjid ketika kaki dalam keadaan basah

Kaki yang basah dan langsung diinjakkan pada karpet, akan merusak fisik karpet. Jika dilakukan secara terus menerus akan membuat karpet terlihat kucal dan tidak nyaman digunakan. Sebaiknya setelah wudlu atau mencuci kaki, sebaiknya keset terlebih dahulu di luar masjid.

Gunakan lap khusus untuk membersihkan noda membandel

Jika karpet masjid terdapat noda yang membandel dan merusak keindahan karpet, bisa langsung dilap dengan kain yang sudah dibasahi lalu diusapkan pada bagian karpet yang bernoda. Lakukan hal demikian secara berulang-ulang hingga noda menghilang. Jadi, Anda tidak perlu memanggil jasa perawatan karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *