Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui agar Bayi Sehat dan Gemuk

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui agar Bayi Sehat dan Gemuk

Posted on

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui agar Bayi Sehat dan Gemuk

 

Kesehatan bayi dan kecukupan nutrisi yang diasup oleh bayi sangat ditentukan oleh asupan nutrisi dari ibunya. Apalagi jika bayi masih dalam masa ASI eksklusif, di saat sumber nutrisi satu-satunya yang dia peroleh hanya bersumber dari ASI saja.

Oleh karena itu, setiap ibu yang menyusui harus melakukan upaya agar ASI yang diberikan kepada anaknya benar-benar berkualitas, agar anak dapat terpenuhi gizi dan nutrisinya. Anak yang memiliki asupan gizi yang cukup akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat.

Berikut ini kami berikan ulasan beberapa makanan sehat ibu menyusui dari lemonilo yang direkomendasikan oleh para ahli gizi dan paramedis agar bayi menjadi sehat dan tumbuh dengan baik.

  • Daging sapi

Mengkonsumsi daging sapi atau daging merah lainnya sangat baik bagi ibu menyusui. Hal ini karena daging merah kaya akan kandungan zat besi. Sebaiknya daging sapi yang dikonsumsi adalah daging sapi khas, yang tidak berlemak.

  • Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan DHA yang tinggi. DHA dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. ASI yang memiliki kandungan DHA yang memadai akan bermanfaat bagi bayi yang menyusu dalam membantu perkembangan sistem syarafnya.

  • Yoghurt

Yoghurt dapat membantu ibu menyusui dan bayinya untuk menyehatkan pencernaan. Mengkonsumsi yoghurt dengan jumlah yang dianjurkan dapat membantu kinerja usus untuk menyerap racun dan membuangnya melalui feses.

  • Keju dipasteurisasi

Keju dipasteurisasi adalah jenis keju yang berkualitas dan kaya akan kandungan kalsium. Kalsium sangat baik juga salah satu makanan sehat untuk anak untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Jika ibu menyusui menyediakan ASI yang mengandung kalsium, maka hal itu akan menyokong kesehatan bayinya

  • Susu rendah lemak

Selain berasal dari keju, sumber kalsium juga dapat diperoleh dari susu rendah lemak. Mengkonsumsi susu rendah lemak sangat dianjurkan bagi ibu menyusui. Selain untuk memberikan suplai kalsium kepada bayi, susu juga dapat bermanfaat untuk menjaga ibu agar tidak kekurangan kalsium. Sebab Ibu menyusui beresiko kekurangan kalsium yang dapat mengakibatkan nyeri pada tulang dan tulang keropos di hari tua.

  • Kacang hijau

Rebusan kacang hijau sangat baik dikonsumsi ibu menyusui untuk membantu melancarkan ASI. Sehingga kuantitas ASI dapat meningkat dengan signifikan.

  • Kacang merah

Selain kacang hijau, kacang merah juga direkomendasikan bagi ibu menyusui. Selain karena kandungan protein yang dimilikinya, kacang merah juga kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kualitas sel darah merah pada ibu dan bayi

  • Kuning telur

Kuning telur kaya akan kandungan vitamin D. Vitamin D jika dikonsumsi bersama dengan kalsium maka akan sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi, serta mencengahnya dari pengeroposan. Namun sebaiknya ibu menyusui menghindari mengkonsumsi kuning telur setengah matang sebab beresiko terkontaminasi bakteri salmonella

  • Beras merah

Beras merah dapat dijadikan sebagai alternatif sumber karbohidrat bagi ibu menyusui. Kandungan glukosa pada beras merah lebih rendah daripada beras putih. Sehingga hal ini sangat baik bagi ibu menyusui dalam rangka menjalankan diet glukosa. Diet glukosa penting dijalani oleh ibu menyusui agar terhindar dari resiko obesitas.

  • Roti gandum

Mengkonsumsi roti gandum sangat baik bagi ibu menyusui. Sebab roti gandum dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat menyehatkan pencernaan bayi yang menyusu.

  • Air putih

Selain mengkonsumsi makanan sehat ibu menyusui. Ibu menyusui dianjurkan pula untuk banyak meminum air putih.

Selain berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena pemberian ASI, air putih juga bermanfaat untuk melarutkan sari-sari makanan yang terdapat pada ASI. Air putih juga sangat bermanfaat untuk membantu suplai oksigen dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *