Bibit Sawo Kecik Kualitas Bagus

Bibit Sawo Kecik Kualitas Bagus

Posted on

Sawo kecik atau dalam bahasa jawa di sebut sebagai sawo becik (serba baik) merupakan buah yang menjadi sebuah filosofi bagi masayrakat di jawa,dan banyak pula di tanam di sekitar halaman depan rumah yang nantinya akan memberikan efek yang baik pula kepada pemiliknya.

Bibit Sawo Kecik Kualitas Bagus

Sawo kecik ini adalah sawo yang pada mualnya di budidayakan di sekitar negara India dan pada akhirnya banyak tersebar di negara-negara kawasan asia seperti Burma, Indo-China, Thailand, Semenanjung Malaysia, dan juga tersebar di seluruh pelosok kawasan di Indonesia (kecuali Kalimantan), Papua New Guinea dan bagian timur-laut Australia.

Pohon sawo kecik ini menjulang tinggi lurus dan juga banyak cabang nya, pohon sawo kecik ini sekilas mirip seperti pohon cemara atau randu,daun pada Sawo kecik ini sedikit berbentuk oval dan mengelompok pada bagian ujung batang nya, pada bagian permukaan bawah daun berwarna putih dan cukup halus seperti beludru,kuncup bunga ini berbentuk bulat menyerupai telur; memiliki tangkai daun yang tidak menebal, panjang kelopak daun berkisar antara 7 mm hingga 9 mm, tinggi pohon ini bisa mencapai lebih dari 4 meter.

Sawo Kecik yang di tanam di depan rumah mulai akan berbuah setealh kurang lebih 2 tahun dari masa tanam. Buahnya pun tidak sama seperti jenis sawo pada umunya,sawo kecik ini memiliki bentuk bulat mirip dengan telur atau bulat telur sungsang dengan panjang hampir 3-6 cm,dari segi bentuk, sawo kecik ini banyak yang berukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis sawo lainnya. Memiliki Warna kulit yang hijau cerah kemudian berangsur-angsur akan menjadi coklat muda, orange, merah terang dan merah tua/kehitaman saat matang. Sawo kecik ini memiliki kulit yang sangat tipis sekali dan sangat mudah terkelupas.

Daging buah sawo  kecik ini cenderung berwarna putih atau ada juga varian lain yang berwarna agak keunguan, bertekstur lembut, dan terdpat banyak sekali kandungan sari buah nya, mempunyai rasa yang begitu manis membuatnya banyak di gemari berbagai kalangan baik dewas maupun anak-anak.

MANFAAT SAWO KECIK

Mencegah kanker usus

Buah sawo ini banyak mengandung serat yang cukup tinggi,kandungan serat tersebut merupakan nutrisi yang sangat bagus untuk melancarkan pencernaan organ tubuh manusia. Kandungan serat di dalam buah sawo ini juga dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit lain seperti sembelit dan juga dapat sekaligus mencegah terjadinya kanker pada  usus.

Menjaga kesehatan tulang

Buah Sawo memiliki banyak kandungan seperti  kalsium dan fosfor yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang manusia. Mengkonsumsi rutin buah sawo ini maka kandungan kalsium dan fosfor akan terserap di tubuh anda secara optimal dan dapat menjaga tulang hingga masa tua nanti,kesehatan tulang merupakan salah satu kesehatan yang sangat penting untuk kita perhatikan secara serius.

Mengatasi radang mulut

Penyakit radang mulut sering di sebabkan oleh bakteri dan banyak nya kuman,namun jangan khawatir selama anda rutin berkumur dengan sawo cingcang maka penyakit radang mulut segera dapat teratasi,cara nya pun cukup simple dengan mencingcang buah sawo lalu di rebus selama 10 menit lalu sajikan di dalam 2 gelas besar lalu minum pagi dan sore.

Bagus untuk kesehatan mata

Tak hanya kandungan kalsium dan fosfor,ternyata sawo juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan organ mata dan menjauhkan anda dari serangan penyakit mata seperti katarak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *