Cara memberi makan burung agar jinak

Posted on

Berikan burung Anda berbagai jenis makanan setiap hari. Sebagai aturan praktis, diet sehat untuk sebagian besar ras burung terdiri dari 75% pelet dan 25% makanan meja manusia. Karena kebutuhan diet yang tepat tergantung pada spesies, bicaralah dengan dokter hewan unggas untuk melihat jenis makanan apa yang dibutuhkan oleh burung. Seiring waktu, Anda akan mulai melihat pola yang muncul dalam jenis makanan yang disukai burung Anda.

Pastikan bahwa Anda memiliki umpan yang tepat untuk spesies burung. Anda harus menemukan makanan yang tepat untuk burung Anda, karena beberapa burung sangat pemilih, sementara yang lain memiliki persyaratan diet yang sangat ketat. Biasanya tas / kaleng makanan akan memiliki label yang memberitahukan Anda tentang jenis burung itu. Jika Anda tidak tahu apa pilihan makanan terbaik, tanyakan peternak, pengecer atau tinggalkan pertanyaan di forum khusus orang-orang yang peduli terhadap spesies burung ini.

Pelet burung, remah, atau nugget bisa menjadi cara yang baik untuk memastikan nutrisi yang cukup untuk burung Anda. Ini cenderung menggabungkan benih sehat, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, sehingga burung dapat memakan makanan bergizi seimbang. Ini lebih baik dari campuran benih, yang memungkinkan burung untuk memilih biji yang enak dan meninggalkan yang sehat di belakang.

Beri makan benih baru setiap hari; selalu kosongkan kulit yang dimakan pada hari yang sama juga, karena ini membuat benih tetap segar dan bersih.

 

Berikan buah dan sayuran segar setiap hari atau 2. Ini menambah sayuran dan variasi untuk diet mereka. Campuran atau berbagai makanan sehat dan menyenangkan untuk burung. [6] Potong dan sajikan burung Anda berbagai buah dan sayuran, termasuk jeruk, buah beri, bayam, dan seledri.

Anda juga dapat memberikan kacang burung dan kacang matang untuk rasa dan variasi dengan makanan mereka.

 

Berikan air tawar konstan. Harus ada hidangan air yang disediakan; isi setiap hari ini dengan air suhu rata-rata. Berikan air burung Anda dalam piring besar, dangkal, karena burung dapat berjuang untuk minum dari piring yang dalam. Ubah air setiap hari untuk memastikan selalu segar.

Tempatkan piring air di ujung sangkar burung dari piring makanan. Ini akan memaksa mereka untuk bergerak dan aktif untuk makan dan minum.

Dehidrasi bisa terjadi sangat cepat pada burung, dalam 1 hingga 2 hari tanpa akses ke air.

 

 

Jaga pengaturan makanan sanitasi. Cangkir air dan makanan harus diletakkan tinggi di atas cabang-cabang pohon di atas burung, karena burung sering menjatuhkan kotoran ke makanan mereka, yang tidak sehat. Jika burung menelan kotoran mereka sendiri, mereka bisa menjadi sangat sakit.

Seiring dengan pembersihan kandang harian Anda, pastikan untuk membersihkan makanan burung dan hidangan air juga.

 

 

Memberi makan burung secara teratur pada waktu yang sama setiap hari. Ini bisa jadi saat Anda makan, atau pada waktu yang sewenang-wenang seperti jam 4 sore. Namun, pilih waktu dan cobalah untuk tetap padanya, sehingga burung itu tahu kapan harus mengharapkan makanannya. Jika Anda ingin tetap pada waktu makan alami burung, beri makan sekitar setengah jam setelah matahari terbit dan tepat sebelum matahari terbenam. Pada siang hari, camilan buah dan sayuran kecil dapat ditinggalkan di dalam kandang.

Burung yang lebih kecil dengan metabolisme yang lebih tinggi mungkin perlu diberi makan lebih sering.

 

Buat makan menarik untuk burung. Anda dapat membuat pengalaman makan lebih menyenangkan untuk burung Anda dengan membuat waktu makan waktu interaktif juga. Misalnya, mendorong burung Anda untuk memakan sepotong makanan pada satu waktu, langsung dari tangan Anda.

Atau, ajak burung berbicara Anda untuk bernyanyi dan berbicara tentang makanannya.

Anda juga dapat mencoba pengumpan teka-teki interaktif, yang memungkinkan burung untuk meniru perilaku mencari makan yang akan digunakan di alam liar. Ini memberikan stimulasi mental yang kritis untuk burung Anda.

 

Mulailah dengan setidaknya 4 mainan yang bervariasi dan menarik. Pastikan mereka aman-burung dan jari-jari kaki atau paruh tidak bisa terjebak di bagian mana pun dari mainan. [10] Cermin dan lonceng gantung membuat mainan burung yang bagus. Pastikan bahwa lonceng tidak memiliki celah kecil di dalamnya, karena ini dapat tersangkut di kaki burung.

Barang-barang yang tidak aman pada mainan yang digunakan untuk burung termasuk: tali berjumbai (bisa melibatkan kaki burung dan paruh); kawat (mungkin menusuk burung); “Jingle-bell” ketik lonceng (kaki burung mungkin terjebak di celah-celah kecil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *