Cara Mudah Untuk Merawat Batrai Laptop Agar Awet

Posted on

Cara Mudah Untuk Merawat Batrai Laptop – Artikel saya yang satu ini tampaknya dikhusukan bagi anda yang menggunakan laptop, karena artikel kali ini akan membahas sedikit tentang bagaimana cara merawat baterai laptop agar tahan lama dan awet. Sebenarnya baterai yang terbuat dari bahan dasar Li-Ion mampu bertahan sekitar 4-5 tahun, tetapi bagi anda yang sudah lama menggunakan laptop biasanya baterai pada laptop anda tidak akan bertahan selama itu. Hal itu dikarenakan anda tidak menggunakan laptop anda dengan cara benar sehingga menyebabkan Baterai pada laptop tidak bertahan lama.

Cara Mudah Untuk Merawat Batrai Laptop

Cara merawat baterai laptop yang benar agar awet ada beberapa larangan dan pemakaian. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas apa saja cara-cara itu.

Jangan biasakan penggunaan hingga Kosong 0% – hal ini akan menyebabkan baterai anda cepat rusak. Sebelum baterai anda habis, charge baterai anda hingga penuh 100%. Untuk menghindari hal ini, anda dapat setting laptop anda agar mati sebelum baterai laptop kosong pada bagian Power Options.

Hindarilah Suhu yang Ekstrem – Baterai laptop sangat sensitif pada perubahan suhu, maka dari itu usahakan untuk menghindari suhu yang terlalu dingin atau panas. Gunakan cooling pad ketika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama agar baterai tidak terlalu panas. Rajin membersihkan ventilasi pada laptop juga bertujuan agar putaran Udara pada Laptop dapat berjalan baik.

Lepaskan dan matikan perangkat yang tidak anda perlukan – hentikan penggunaan device yang tidak diperlukan seperti USB Flash Drive dan perangkat yang lainnya yang memang tidak dipakai, termasuk matikan Wi-Fi jika anda memang tidak memakainya. Jika masih terpasang walaupun tidak digunakan akan semakin cepat menguras daya pada baterai laptop anda.

Power Baterai – Jika anda menginginkan baterai anda lebih awet, saya sarankan anda untuk memilih ‘Max Battery’ pada control panel, Power Option. Cara semacam ini dapat sangat menghemat penggunaan daya konsumsi pada baterai laptop karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor yang minimal semisal untuk mengecek e-mail atau membaca dokumen. Tetapi kecepatan laptop anda akan mengalami penurunan. Untuk cara merawat baterai laptop yang satu ini tergantun sobat sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *