Tips Liburan Hemat Ala Backpackers

7 Tips Wisata Hemat Ala Backpackers

Posted on

Jogja selalu banyak cerita yang bisa di ulas hingga tak henti-henti nya, Kini saya ingin berikan 7 Tips Wisata Hemat Ala Backpackers. Kadang Jogja tak serealita yang kita bayangkan saat berencana wisata di Jogja karena murah pikirnya. Namun pas datang ke Jogja malah diberondong oleh pelaku/penjual nakal seperti becak yang terlalu mahal karena salah pilih, makan di pinggiran yang dikasih nota yang super mahal, dan pengamen yang dikasih uang Rp.1000 malah dibuang mintanya lebih, masihh banyak lagi lainnya. Disini saya akan berikan Tips Wisata Hemat ala Backpackers biar kamu gak tersesat.

  1.  Survei Lokasi
    Jogja tak hanya kota yang jadi pusat lokasi favorit berwisata, tapi banyak juga kabupaten atau wilayah lainnya yang memiliki wisata menarik. Coba cari lokasi mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu, semisal ingin wisata pantai, berarti fokus di penginapan dekat pantai saja, lalu esok hari check out, lanjut lagi lokasi pegunungan seperti kaliurang, dll. Ini bisa menghemat biaya bensin dan waktu lho!
  2. Survei Wisata
    Setelah survei lokasi, coba cari lokasi wisata yang ingin kamu kunjungi, buatlah daftar wisata seperti jika ingin di pantai berarti buat daftar pantai mana saja, jika ingin di perkotaan buat daftar wisata mana saja. Kalau kamu sudah membuat daftar wisata, maka kamu pasti bisa mendapatkan waktu terbaik kamu deh.
  3. Survei Penginapan
    Nah, ini coba kamu cari penginapan murah di Jogja, masih banyak kok, ga melulu hotel berbintang, tapi masih banyak rumah sewa yang seperti hotel berbintang yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu bisa mendapatkan homestay murah di jogja melalui instagram ataupun menghubungi agen penginapan seperti homestayku.
  4. Survei Kuliner
    Setelah survei penginapan, coba cari kuliner favorit dekat penginapan kamu atau tempat wisata kamu. Jadi, kamu bisa melihat daftar kuliner melalui Google, disana kamu bisa survei dengan melihat review/ulasan, melihat harga juga bisa.
  5. Survei Transport
    Survei transport dulu sebelum ke Jogja, jadi ga melulu taksi konvensional yang harganya mahal, coba cari taksi online yang harganya tidak terlalu mahal, kalau pakai rombongan bagus banget kalau pakai taksi onlilne, tapi kalau sendiri atau berdua bisa cari ojek online saja.
  6. Survei Tempat Perbelanjaan
    Tempat perbelanjaan favorit tentu paling banyak di wilayah Kota Jogja yaitu dekat Malioboro, ini coconya untuk hari terakhir kamu berwisata disini. Nah, coba buat daftar barang apa saja yang ingin kamu beli sebagai oleh-oleh atau juga membawa makanan khas Jogja seperti Bakpia. Cari yang mura-murah saja banyak kok, ga harus yang mahal. Kalau kamu bisa nego, malah bisa lebih murah lagi lho!
  7. Datang Saat Low Season
    Jika semua daftar diatas sudah kamu buat, saatnya menentukan waktu yang pas. Kalau kamu pilih waktu liburan tentu sangat mahal terutama di high season seperti liburan akhir tahun. Harga bisa naik dua kali lipat dari biasanya. Maka dari itu, coba cari low season, ambil jatah cuti kamu di hari jum’at,¬† jadi weekend kamu di lowseason akan menjadi lebih hemat. Kalau ingin lebih hemat lagi, kamu liburan di kala low season di hari kerja yaitu senin – kamis.

Oke, demikian tips singkat dari saya. Mungkin kamu ada banyak cara agar bisa mendapatkan harga yang murah untuk berwisata. Semoga ini bisa menjadi referensi liburan hemat kamu deh. Have a nice day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *